lowongan kerja di rumah

Senin, 11 Januari 2010

Menelusuri Jejak Bangunan-bangunan Bersejarah di Belitung

Sekedar flash back ke masa lampau, dimana Pulau Belitung pernah dikenal di seluruh dunia dengan kekayaan kandungan timahnya. Foto2 yg aku tampilkan disini adalah hasil penelusuran di dunia maya, karena tidak banyak arsip2 daerah yg memiliki foto2 seperti ini. Bahkan mungkin mereka atau beberapa orang tertentu ada yg memiliki foto2 tersebut, hanya saja belum mereka publikasikan. Masih banyak lagi foto2 yg berhubungan dg P. Belitung yg masih aku telusuri. Agak sedikit sulit memang karena sebagian besar dari foto2 tersebut masih tersimpan rapi di berbagai musium di Belanda dan beberapa tempat lainnya. Tentu saja tidak mudah untuk meng-akses langsung ke tempat arsip2 tsb disimpan, ada beberapa ketentuan yg harus kita penuhi. Tetapi setidaknya dari foto2 yg ada sekarang ini , kita bisa sedikit berbagi cerita dan tentunya...semoga bermanfaat bagi kita semua...


I. Tanjung Pandan :


1. Jam Gede 

Bangunan eks Kantor yg didirikan perusahaan Hindia Belanda, Billiton Maatschappij ini sekarang dijadikan gedung swalayan yg dikelola oleh BHARATA Dept Store. Menurut keterangan, jam besar/jam gede yg menghiasi menara bangunan utama gedung sekarang ini bukanlah yg asli seperti pada saat gedung tsb dibangun. 



Jam yg asli didatangkan langsung dari Amsterdam-Belanda, bandulnya terbuat dari bahan kuningan dgn angka2-nya merupakan angka romawi kuno. 
Di halaman depan gedung tersebut dulunya berdiri sebuah tugu yg dibuat pada tanggal 28 Juni 1928 untuk mengenang aktivitas penambang timah Hindia Belanda di P. Belitung. Tugu tersebut sekarang telah  dipindah ke halaman depan Museum Daerah di Tanjung Pendam.


Tugu untuk mengenang aktivitas pekerja tambang Hindia Belanda

2. Eks Rumah Dinas Assistent Hoofdadministrateur Billiton Maatschappij




 Bangunan kuno ini berada di kawasan Tanjung Pendam. Dizaman kejayaan PT Timah, bangunan ini dijadikan rumah dinas untuk Kepala UPT Belitung. Sekarang bangunan tersebut dikelola oleh Pemprov BABEL sebagai mess dg nama Bougenville.



3. Eks Rumah Tuan Kongsi (vertegenwoordiger)



 Bangunan yg eks kediaman Tuan kongsi ini dibangun pd tahun 1906, sekarang tinggal sisa2 reruntuhannya saja yg ada. Pada waktu itu bangunan tersebut didirikan di atas bukit Gunung Pandan, disebelah barat lapangan tennis Tanjung Pendam yg masih termasuk wilayah Museum Daerah di Tanjung Pendam.


4. Eks Rumah Dinas Perwira Tinggi (hoofdambtenaar)




Menurut keterangan yg ada pada foto ini, bangunan diatas pernah digunakan sebagai rumah dinas bagi seorang Hoofdamtenaar atau perwira tinggi/utama Hindia Belanda yg ditugaskan di Belitung. Kalau kita amati,  bangunan diatas adalah Museum Daerah Pemkab Belitung Tanjung Pendam sekarang ini. 

5. Kantor Billiton Maatschappij Distrik Tanjung Pandan



Foto ini dibuat pd di awal abad IX

6.  Mess Timah Tanjung Pendam?




Menurut keterangan fotonya, gedung ini pernah digunakan untuk merawat orang2 eropa yg sedang sakit....


II. Manggar 

1. Pusat Perbengkelan Lipat Kajang 



 foto ini diambil pada tahun 1925, ketika seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda D. Fock sedang mengadakan kunjungan ke tempat tersebut



 Salah satu sudut ruangan bengkel Lipat Kajang


Gedung Mineralogi Lipat Kajang



Bangunan kantor Lipat Kajang


Kompleks Lipat Kajang sekarang ini dijadikan markas satuan Yonif 147 TNI-AD Manggar
 

2. Gedung Societeit  Manggar



 Gedung ini sekarang masih berdiri dan digunakan oleh Yayasan PERGIB sebagai gedung SMA. Dulu, bangunan ini pernah digunakan oleh MPB (Majelis Pertemuan Buruh) sebagai tempat mengadakan pertemuan dan acara2 tertentu. Setelah itu oleh PT. Timah gedung tersebut dijadikan sebagai tempat hiburan bagi karyawan dg nama Wisma Ria II.

2. EC (Electrische Centrale) - Samak



 

 Keterangan lebih lanjut mengenai EC Manggar silahkan baca postingan-ku sebelumnya ya?

3. Kantor Telepon Samak - Manggar (Samak)



Kalau kita perhatikan bentuk atapnya, bangunan ini sekilas mirip dg rumah dinas Bupati Beltim.

4. Eks Rumah Dinas Kepala Administrasi District Manggar (Samak)




5. Eks Rumah Dinas Hoofdambtenaar (Perwira Tinggi/Utama) Hindia Belanda (Samak)




6. Kantor Billiton Maatschappij Distrik Manggar



7. Hotel Manggar Tempo Dulu (Samak)



8. Olie Pier (Pelabuhan Minyak) 



Lokasi penampungan minyak ini sekarang tinggal puing2-nya saja dan dijadikan tempat memancing bagi penduduk setempat.  


III. Gantung 

1.Jembatan Bom



Jembatan yg pernah menjadi sasaran pengebom-an tentara Jepang ini sekarang sudah tidak ada lagi, posisinya digantikan oleh jembatan lain yg dibangun dimasa pemerintahan Orde Baru. Besi2 konstruksi jembatan ini telah habis dijarah oleh oknum2 yg tidak bertanggung-jawab untuk dijual kembali.

2. Jembatan Gantung 



Jembatan kecil ini tadinya menjadi penghubung Jembatan Bom dari dan menuju pasar Gantung.

3. Bendungan Pice


 Foto ketika bendungan Pice sdg dibangun
 

Bendungan yg menjadi ikon Kec. Gantung ini sekarang masih berdiri dan berfungsi dg baik. Lokasinya berada di Desa Canggu. Bendungan ini di dirikan pada tahun 1928, istilah "Pice" diambil dari nama sang arsitek yg merancang bendungan ini yaitu Mr. Vance.

4. "Pice Kecik"



Konon bendungan kecil ini adalah cikal-bakal Bendungan Pice. Bendungan ini dibangun untuk mengatur ketinggian dan debit air yg berasal dari hulu Sungai Lenggang, untuk menunjang pengoperasian EB II yg pada saat itu beroperasi di areal sekitar hilir Sungai Lenggang. Namun sayangnya, bendungan ini sudah tidak dapat kita temui lagi. Tinggal sedikit sisa2 bangunannya saja yg bisa kita lihat.

5. Kantor Billiton Maatschappij Distrik Lenggang



Bangunan yg terakhir kalinya digunakan oleh PT. Timah ini sekarang masih bisa kita lihat di dekat pintu masuk kompleks pelataran timah Gantung. Namun gedung ini sekarang sudah tidak difungsikan sebagai kantor lagi dan kondisinya sangat tidak terawat.


IV. Lain-lain


1. Bangunan Pertambangan Timah - Kelapa Kampit



2. Smelter (pusat pengolahan biji timah) - Kelapa Kampit



3. Gudang Dinamit - Kelapa Kampit



4. Gudang Billiton Maatschappij - Kec.Buding



5. Mesjid Lalang - Manggar



Untuk sementara hanya itu saja beberapa tempat yg dapat aku tampilkan dalam penelusuran ini. Ada beberapa tempat/bangunan yg saat ini sudah tidak bisa kita saksikan lagi keberadaannya, tinggal puing2 ataupun sudah berubah bentuk dan material bangunannya. Sebetulnya masih kurang lengkap keterangan mengenai beberapa dari tempat2 diatas yg aku dapat. Maka dari itu, aku mohon bantuan kawan2 sekalian jika ada informasi yg lain mengenai tempat2 tsb atau foto2 lainnya, baik itu foto2 kuno ataupun foto2 baru, silahkan email ke: bilitonaries@yahoo.com atau billitonianaries@gmail.com. Terima kasih sebelumnya...

12 komentar:

  1. tp gik kurang lengkap rase e koh, kuyoss mun ade info tlg berik tau ye??..kini aku lengkapek,thks

    BalasHapus
  2. tp gik kurang lengkap rase e koh, kuyoss mun ade info tlg berik tau ye??..kini aku lengkapek,thks

    BalasHapus
  3. Gedung Societeit Manggar, kalo ningok foto e itu ukan SMA Pergib sekarang, tapi wisma ria I yg di Samak, bos....

    BalasHapus
  4. keren bang, izin share di twitter ye...

    BalasHapus
  5. Sangat berguna sekali informasi yang ada di halaman ini. semoga dapat lebih lengkap dan terinci lagi.
    terimkasih.

    BalasHapus
  6. Bang cube buat film dokumenternye, kerjesame kan pt.timah atau pemda belitong kan beltim bang, ak ngak'e rajin ngendengar cerite dari paman ak bang eks karyawan timah tpi ak dk dapat ngembayangek duluk kiape pulau belitong kte ne bang..

    BalasHapus
  7. Izin ambik2 gambar bang ye., mun kuang. Rencane nak debuat video e. Biar lebe mantap urang ngeliatnye. Utk di share di medsos. Makase sebelumnye...

    BalasHapus
  8. Play at the Slots - Dr. MD
    Welcome to the casino, one of the 영천 출장마사지 best gaming sites 공주 출장마사지 available today! Play all your 김포 출장마사지 favourite 상주 출장마사지 games including slots, blackjack, poker, roulette, 양주 출장안마 and video poker!

    BalasHapus