lowongan kerja di rumah

Sabtu, 02 Januari 2010

Mercusuar Pulau Lengkuas


 Antara P. Belitung dan P. Bangka dipisahkan oleh sebuah selat yaitu Selat Gaspar. Untuk membantu navigasi bagi kapal2 dari dan menuju P. Belitung  sekitarnya, pada tahun 1882 pemerintahan kolonial Belanda membangun sebuah mercusuar pada sebuah pulau yg dinamakan Pulau Lengkuas.

Bangunan mercusuar tersebut tingginya sekitar 50-60 meter, terdiri dari 19 lantai. Disekitar mercusuar tersebut terdapat pula sebuah bangunan seperti bangunan penjara. Konon katanya bangunan mirip penjara tersebut dibuat oleh Belanda untuk memenjarakan para perompak yg sering beroperasi di wilayah selat tersebut.


Pulau Lengkuas sendiri terletak di sebelah utara desa Tanjung Binga - Kabupaten Belitung, luasnya sekitar 1 hektar. Batu2 granite di sekeliling pantai pulau turut mempercantik pemandangan disekitarnya. Belum lagi pantainya yg dangkal dengan terumbu karang yg indah, serta air lautnya yg jernih kebiruan, semakin melengkapi keindahan alam sekitar pulau kecil tersebut. Terlebih dikala musim teduh yg lautnya lebih tenang, yaitu antara bulan Maret - November.


Mercusuar Pulau Lengkuas, view dari P.Babi


                                                          Mercusuar P. Lengkuas - 1913


Ahh....jika ada waktu, bolehlah kiranya kita berlibur kesana. Sebuah tempat tujuan wisata yg tak kalah indah jika dibandingkan beberapa pulau kecil di Indonesia lainnya. Swiming or snorkling??...whatever!!!. Yg penting bawa cukup perbekalan bersama kita. Terlebih air, karena tidak banyak air tawar tersedia disana. Interest??...


                                                      Mercusuar P. Lengkuas  2 - 1913

4 komentar:

  1. Saya aja uda 30thn belum pernah berkunjung ke Pulau lengkuas,mau dong kapan2 kita barengan ke sana jihahaaaa....

    BalasHapus
  2. yosi, kami sdg menyusun rencana berlibur ke P.Lengkuas...dokumentasinya nyusul yaaa??...kalo dah di Belitung kita rame2 ksana ok??

    BalasHapus
  3. Kemarik Kamek ke Buku Limau, rencane berikut e nak ke Lengkuas juak,...

    bro aku nak betanyak.. demane ikak dapat photo Pulau Lengkuas tahun 1913 tu? makaseh ye salut aku kan blog ikak

    ini alamat blog indonesia aku http://kodzan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. salam kenal bos, aku dapat dari browsing internet bro...mun nak aku email, tlg alamat email mikak ye??

    BalasHapus